Thursday 29 September 2016

SINGAPORE NEVER FAILS special edition : Mellben Seafood

Setiap kali saya ke Singapore, semua orang selalu bilang, " you should go and try the Chili Crab in Singapore ". Hmmm,... now i know why everybody recommended this menu to me. Chili Crab sepertinya merupakan icon makanan di Singapore. Salah satu yang terkenal di Singapore adalah Mellben Seafood. Based on Google, pendirinya bernama Melvin Soon. Restoran pertama dibuka di area Pasir Ris, selanjutnya mulai berkembang dan buka di Ang Mo Kio dan Toa Payao. Kalau ada yang belum pernah makan disini, saya akan share sedikit pengalaman makan saya di Mellben Seafood.

Jadi sepupu saya bilang," Loe kalau ke sini, harus makan Chili Crab. Loe suka kepiting gak? ". Saya pun jawab, kalau saya gak terlalu suka kepiting karena repot makannya. Sedangkan sahabat saya yang gak doyan duren itu, justru doyan banget kepiting, ampe bilang, "Justru itu seninya ccyyyiinn..makan kepiting emang harus pake repot, biar seru! ". Ooohh,, okay then..i'll go. Jadi hari itu, setelah menonton di AMK Hub, kami pun janjian dengan sepupu saya lagi untuk makan malam di Mellben Seafood Ang Mo Kio. Dia pun wanti - wanti bilang kita harus tag tempat duduk dulu, karena biasa antriannya panjang macam ular naga. Okay, berhubung saya dan sahabat saya ini pengacara ( Pengangguran banyak Acara, yang mana acara seminggu di Singapore cuma belanja dan makan, hahahaha ).. jadilah saya dan sahabat saya yang pergi dulu ke restoran tsb untuk antri. Tapi siapa sangka, memang saya lagi jodoh sama ini restoran. Antriannya gak panjang dan saya masih bisa duduk santai di taman dekat restoran  sampai sepupu saya datang. Begitu sepupu saya datang, kami pun langsung masuk ke restoran dan duduk memesan makanan. Di Mellben Seafood, ada pilihan kepitingnya. Kepiting normal dan besar. Yang normal size aja, menurut saya gede banget, apalagi yang big size? hahaha.. dan akhirnya, kami pun memesan Claypot Crab Beehoon, Salted Egg Crab dan Tumis Kangkung. Seperti apa rasanya? 2 kata, ENAK BANGET.

Claypot Crab Beehoon
Claypot Crab Beehoon ini termasuk menu andalan dan favorit di Mellben Seafood. Masakannya berkuah. Jadinya rasanya itu meresap sampai ke daging - daging kepiting di dalamnya. Sahabat saya, juga suka dengan menu ini. Jangan bayangkan beehoon nya itu macam bihun di Indonesia. Beehoon disini, bentuknya lebih mirip bakmi, bulet, panjang dan agak tebal. Terbuat dari beras. Kuahnya itu dari santan, tapi rasanya lebih ke arah susu. Manis, gurih sedikit berminyak. Saya pikir kepiting di Mellben Seafood ini dari Indonesia. Ehh,, tanya punya tanya, ternyata kepitingnya dari Sri Lanka. Wow.. rasanya beda. Dagingnya tebal dan banyak. Makan satu kepiting juga udah kenyang banget. Tekstur daging dan ukuran kepitingnya Top Markotop!

Salted Egg Crab
Menu kedua, Salted Egg Crab. Kepiting dimasak dengan telor asin. Rasanya gimana? this is my favourite! saya sampai harus minta maaf sama timbangan badan di rumah, karena berat badan saya pasti bertambah. Back to topic. Saya sih suka banget sama Salted Egg Crab. Kalau kata sahabat saya, rasa bumbunya kayak chiki. Hahahaha.. tapi seriusan enak banget ini bumbunya, ampe saya makan jilatin tempurung kepitingnya, buat makan bumbunya. Saya koret - koretin juga itu piring semua yang ada bumbunya. Ini lapar atau lapar, saya juga udah gak tahu. Namanya Salted Egg, rasanya pasti asin. Namun karena buat dimasak, salted eggnya diubah jadi macam saus gitu, dan rasanya jadi agak manis. Namun tidak merusak tekstur dan rasa salted egg yang asli. Walau kekurangannya, karena ini masakan kering, jadinya bumbunya tidak meresap sampai ke dalam daging, hanya menempel di tempurung kepitingnya.

Kangkung Belacan
Menu ketiga, tumis kangkung pakai terasi. Hahaha.. believe it or not. Buat saya, namanya makan seafood, paling enak pakai tumis kangkung. Mau pakai terasi atau gak, pokoknya, buat saya kangkung itu tumisan sayur favorit dan udah paling pas nemenin seafood. Tumisan kangkung di Mellben Seafood, kurang lebih rasanya mirip sama semua tumisan standard. Nothing special, beda harga aja. Kalau di jakarta pakai IDR, di Singapore pakai SGD. Kalau di luar negeri, makan kangkung trus kurs ke IDR, rasa - rasanya, saya bisa beli segerobak sayur isi kangkung. hahahaha..

Overall, menu kepiting ini, enaaaakkkk..! i should say, the Best Crab i've ever eat. Cuma begitu tagihan datang. Jreeennngg....! jangan di kurs ke rupiah saudara - saudara. Nanti kena serangan jantung. Yang pasti, abis liat bill, saya geleng - geleng kepala. 

So, Dear Cousin, pray for me to be success and hopefully my plan for next year can come true (or at least got a big amount salary like you get in Singapore). So next time, it will be my turn to treat you expensive food like what we eat in Mellben Seafood. Okay? 
With Love, your chubby & big eater sister.


Mellben Seafood AMK


After fighting with Crab

No comments:

Post a Comment