Thursday 7 November 2013

Kuliner di Sukabumi

Hmmmm... Jujur aja, kampung ibu saya berasal dari Sukabumi. Walaupun waktu kecil saya sering ke sukabumi, saya hampir tidak pernah jajan tiap kali ke Sukabumi. Maklum aja, makanan disana mahalnya ampuuunn.. hehehe.. Tapi biar kata mahal ternyata enak banget, yah ada harga ada barang. Begitu besar, saya juga jarang main ke Sukabumi. Tapi kali ini, saya terpaksa pulang, karena kakek saya meninggal dunia di Sukabumi. Aslinya sih, mau posting ini makanan agak gak enak hari juga, secara masih bisa makan - makan pas berduka. Namun buat saya, namanya urusan perut, tetep harus diutamakan. Kalau jagain rumah duka, tapi gak makan, kayaknya bisa masuk angin dan sakit. 

Kuah Soto dan Jeroan
Pagi hari, emang paling enak makan yang kuah - kuah dan hangat. Maklum, Sukabumi itu dingin, walau kalau udah siang sih sama aja, panas bener. Kalau kata orang sunda, panas teuing. Sedangkan kalau dingin, bilangnya tiris. Kalau pagi - pagi, saya pasti kelaparan berat. Jadi pagi itu, saya diajak tante dan sepupu saya makan soto. Namanya Soto Pak Mamad, dekat dengan terminal. Sebetulnya cuma soto biasa, malah saya harusnya bilang Sop Pak Mamad, secara sotonya bening, bukan kuah santan, tapi warna beningnya kayak warna bening sop gitu. Soto ini, diisi urat + dikasih semacam jeroan campur yang dibuat terpisah. Rasa Sopnya sih biasa aja. Tapi enaknya, kuahnya tidak terlalu asin dan kalau dimakan pakai nasi tidak hambar. Justru yang saya puji enak adalah jeroannya. Hahahaa..asli, saya paling gak suka jeroan, tapi herannya sepupu dan tante saya selalu aja tahu restoran yang jual menu jeroan yang enak banget dan sama sekali tidak tercium bau sapi. 

Mie Babat
Siang harinya, karena 3 hari berturut di Sukabumi hujan deras, maka siang hari saya makan mie babat. Mie babat ini sebetulnya haram. Tapi enaknya gak ketolongan. Waktu kecil saya kurang suka, tapi begitu seumuran sekarang, saya jadi suka banget. Kuahnya segar karena dikasih cuka cukup banyak, tapi cukanya tidak seperti cuka botolan. Jadi memberi rasa segar daripada rasa asam kecut. Mie nya ini mie rebus, dikasih topping daging babi, babat dan samchan goreng ( grabias ). Hahaaha.. Waaahh..ini babat terenak yang saya suka setelah masakan babat di restoran angke. Gile deh, biasa saya selalu komentar kalau babat itu kayak handuk dipotong - potong, yang ini, seriusan rasanya enak betulll... Sampai ketagihan. Hehehe.. Letaknya ini di Odeon, dekat kelenteng. Yang jualan pakai gerobak ijo. Kalau soal harga, mohon maaf tidak bisa kasih info, maklum, makan disini juga dibayarin, jadi gak pasti juga soal harga. Tapi kalau ke Sukabumi dan mau cari makan agak haram, boleh makan di kedai tsb.



Kuah Soto

No comments:

Post a Comment