Wednesday 17 July 2013

Masakan Korea "Murah Kurang Meriah"

Sesuai judulnya, ini memang masakan korea cukup murah, tapi gak meriah, alias tidak enak  - enak amat. Nama restonya Joh-Eun, di Golden Truly bagian Food Court Lt. 2. Namanya masakan di food court, biasanya seh lumayan enak - enak, tergantung mall nya. Masakan korea di food court gitu paling enak sih Han-gang atau kalau gak, Seoul Garden. Atau yang pernah saya bahas, di Kemchik. Tapi yang ini, bener - bener terlalu deh. Asal banget masaknya. Padahal harganya hampir sama seperti harga makanan di resto yang saya sebut di atas.

Sup Seafood
Hari itu, kebetulan saya makan hari minggu. Saran saya, kalau makan di Golden Truly, jangan pas hari minggu dan jam makan siang. Karena food court itu penuh orang, sampai susah cari tempat duduk. Hari itu saya makan dengan ayah dan ibu saya. Mereka sih, ya pasti pesan model nasi campur, sop buntut, dll, intinya menu makanan Nusantara. Sedangkan saya, lebih suka masakan dari luar negeri. Bosen lah ya, di rumah tiap hari ayah saya pasti masak chinese food atau masakan rasa nusantara. Belum lama ayah baru aja nyambel ( maksudnya buat sambal dari cabe rawit, yg konon katanya Rp. 100.000 per kg..capek deh,,mahal ajaaa.. )

Kimchi Pancake
Kembali ke Joh-Eun. Masakan yang menurut saya enak itu sup pedas isi sea food. Itu beneran asli pedas - pedas, segar dan ukuran udang dan kepitingnya juga lumayan besar. Rasanya segar, mirip - mirip Tom Yam Thailand. Selanjutnya saya cobain Kimchi Pancake. Yaahh...menurut si pelayan itu kimchi pancake, tapi saya jadi ketawa deh. Karena isinya bukan Kimchi tapi mirip bakwan sayur ( isi tauge, kol, wortel dan sedikit cumi ), cuma bentuknya bulat / bundar, lebar, tebal. Rasanya, ya ampuunn..asal sekali. Yang namanya Kimchi Pancake ( kalau dari apa yang saya lihat cara bikinnya dari variety show 'Family Outing' ), cara bikinnya adalah tepung dicampur telur dan dikasih air. Campur aduk rata. Setelah rata dan tercampur, dimasukkan Kimchi ( Sayur yang difermentasikan ). Diaduk lagi sampai merata, baru deh digoreng. Hasil pancake enak atau tidak, tergantung kualitas Kimchi nya. Kalau Kimchinya enak, pasti hasilnya enak. Tapi di Joh-Eun ini, saya tidak tahu deh, dimana letak enaknya.

Ikan Dori
Begitu juga dengan masakan ikan dorinya. Tampilannya mirip masakan pedas manis di tenda pinggir jalan. Merah - merah saus tidak jelas. Ikannya sih rasanya segar, tidak amis, setidaknya ikannya mashi segar dan bukan ikan yang disimpan kelamaan di kulkas. Namun, dengan bumbu yang disajikan, agak kurang cocok dan malah terkesan asal - asalan sekali. Skala 0 - 100, saya kasih nilai 55. Karena biarpun Sup Seafoodnya enak dan segar, tidak bisa mendongkrak nilai masakan / menu yang lain. Memang harganya makanan di Joh-Eun ini paling mahal IDR 60.000 per porsi. Sup Seafood juga hanya IDR 28.000 per porsi. Pancake dan ikan dorinya juga masih sekitar IDR 28.000 - 35.000 per porsi. Jadi, pantas juga kalau saya bilang : " Murah tapi kurang meriah "




No comments:

Post a Comment