Thursday 18 April 2013

TOM YAM yummy..!

Minggu lalu saya berkesempatan makan di daerah Mangga Dua, tepatnya di Mangga Dua Square. Kalau ada dari para pembaca yang pernah ke Mangga Dua Square, pasti tahu, kalau di pelataran parkir, tidak jauh dari Holland Bakery, ada bangunan - bangunan berbentuk bangunan khas china, beratap merah, bertembok kuning, yang katanya, menurut kepercayaan orang cina, warna merah melambangkan kebahagian dan kuning / emas, melambangkan rezeki atau uang. Nah, di Mangga Dua Square ini, tempat makan berjejer ini disebut Pagoda. Sepanjang bangunan, isinya jualan makanan semua. Mulai dari kwetiauw, bakmi, nasi campur, chinese food, minuman, jajanan pasar seperti kue putu,dll. 

Saya pun duduk dan mulai memesan makanan, karena tertarik suara penjual yang teriak - teriak di depan kedai : " Silakan..ayo dicoba tom yam nya,.. Ayo mampiiirrr...!! "

Nasi Goreng Tom Yam
Akhirnya saya memutuskan untuk mampir ke kedai tersebut. Memang kedai tersebut jualan Tom Yam. Ada Nasi Goreng Tom Yam, ada juga Tom Yam kuah biasa isi seafood, dan menu lain seperti baso kuah, mie ayam, Nasi capcay, dll. Tapi karena si penjual sepertinya pede banget dengan masakan Tom Yam nya, saya pun jadi tergoda untuk coba Nasi Goreng Tom Yam dan ayah saya pesan Tom Yam kuah + nasi putih. Begitu dihidangkan, bussseeettt..! Porsinya, guede bangeeett..! Mantap..! Wah, langsung saja saya ngiler lihat makanannya. Mana masakan tersebut wangi, khas asam - asam Tom Yam gitu. 


Honje / Kecombrang
Nasi gorengnya menurut saya enak banget.  Kenapa? Karena buat saya, tidak terbayang, kayak gimana rasanya Tom Yam dijadikan nasi goreng. Selama ini mungkin orang - orang tahunya, Tom Yam itu kuah, dan paling enak memang dimasak berkuah. Tapi perkiraan saya meleset. Nasi Gorengnya enak banget. Harga 1 porsinya Rp. 23.000. Isinya, ada udang, telor, cumi, baso ikan diiris - iris. Bumbunya, diberikan daun jeruk, sereh, dan kecombrang, tak ketinggalan diberikan nanas, Ini yang menurut saya menambah rasa segar ke dalam masakan nasi gorengnya. Selain nanas, yang membuat masakan ini wangi, tak lain tak bukan adalah kecombrang. Ada yang belum tahu apa itu kecombrang? Kecombrang disebut juga kantan / honje. Sejenis tumbuhan rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran dan penambah wangi masakan. Kalau di Medan dikenal honje / kincung, sedangkan di Thailand, disebutnya kaalaa. Ini gambarnya. Waktu saya ke Medan tahun lalu, hampir setiap masakan pasti dicampur honje, terutama untuk masakan laut / seafood. Semuanya pakai honje, dan memang membuat rasa masakan menjadi lebih wangi dan lebih enak. Hehehe..

Begitu juga dengan nasi goreng dan Tom Yam kuahnya. Nasi gorengnya nasinya numpuk, sedangkan kalau Tom Yam kuahnya disajikan di dalam mangkuk ukuran jumbo yang isinya lumayan jumbo, yaitu seafood ( udang, cumi, baso ikan, sayur sawi putih, sereh, daun jeruk, kecombrang, kerang, potongan ikan. ) Satu porsi + nasi putih, harganya Rp. 29.000 / porsi. Murah toh?

Tom Yam Kuah


No comments:

Post a Comment