Monday 4 March 2013

Ice Cream = I Scream ?!

ahahahhaa...betul..Judulnya tidak salah koq. Coba saja anda melafalkan kalimat judulnya, mirip kan? Kenyataanya, tiap kali abis makan Ice Cream, saya pasti teriak kalau ampe jarum timbangan saya bergerak semakin ke kanan :) Saya ini pecinta es krim. Apapun yang namanya es krim atau coklat, saya pasti lah orang nomor satu yang akan menyantapnya tanpa ragu. Mari kita bahas tentang Es Krim. Yang Pertama adalah Pietro's Gelato. 

Saya biasa makan es krim Pietro's Gelato kalau saya lagi jalan - jalan ke Mall Kelapa Gading. Saya suka beli yang di depan Farmers Market. Harganya murah, 1 cup seharga Rp. 18.000. Saya paling suka rasa coklat. Es Krim nya legit dan padat. Rasa coklatnya juga pekat. Sejauh ini, saya belum menemukan es krim yang legit cenderung lengket dan legit  serta padat seperti es krim gelato. Yang kalau dimakan, masih perlu dikulum dulu, supaya cair es krimnya. Tapi dari sekian banyak es krim, saya paling suka Pietro's Gelato, karena harga murah dan es krimnya bukan es krim asal - asalan.

Stand Pietro's Gelato di MKG 1


Yang kedua, adalah Ragusa. Siapa yang tidak tahu Ragusa? Kedai es krim yang berumur hampir 80thn, dan berlokasi di Jalan Veteran memang sangat terkenal. Kedainya selalu didatangi tamu, dan tidak pernah sepi. Ragusa adalah es krim italia, home made. Sehingga, cepat cair dibanding es krim pada umumnya. Belum lama ini, saya makan es krim Ragus di Duta Merlin Lt. 5. Saya pilih yang Special Mix ( satu mangkok kecil isi es krim coklat, vanila, strawberry, kacang. ). Harganya 20rb, lebih murah daripada beli 1 jenis es krim, yang harganya 14rb. Agak rugi ya kalau hanya mencoba 1 rasa saja. Es Krimnya agak bertekstur kasar, tapi begitu dimakan langsung lumer. Berbeda dengan es krim lain seperti Baskin Robbin / Haagen Daaz, yang lebih lembut teksturnya. Menurut saya, Ragusa punya ciri khas sendiri dalam es krimnya. Mungkin karena es krim home made, jadinya rasa es krimnya orisinil sekali.

Special Mix


Dan yang ketiga, adalah Es krim di Cafe Pisa, Menteng. Siapa yang tidak tahu cafe tersebut? Cafe yang selalu ramai tiap malam, dan acara di cafe tersebut selalu meriah. Berhubung saya ini dulunya sekolah di daerah menteng, sering banget nongkrong di Cafe Pisa. Dan lebih seru kalau Cafe Pisa sedang merayakan HUT. Biasanya diskon besar - besaran untuk es krimnya. Memang mengantri sih, tapi tetap seru makan disana. Es Krimnya ada banyak macam. Saya kasih saran, kalau tidak suka yang rasa buah, lebih baik jangan ambil rasa buah. Karena rasanya buah banget dan agak asam. Apalagi kalau ambil Strawberry, rasanya strawberry sekali. Dan saya tidak rekomendasi untuk rasa almond, karena bau almondnya terasa sekali. Kalau anda tidak suka aroma almond, pasti tidak mau makan es krimnya. Salah satu rasa es krim yang enak disini adalah Cookies and Cream, Mocha, Chocotale, Mint. Itu yang menurut saya enak ya, tentunya beda orang beda selera.

Cafe Pisa
Dan yang ke-4, ini adanya di Ho Chi Minh. Namanya Bach Dang Ice Cream. Es krim disini murah tapi porsi raksasa. Harga murah karena nilai mata uang Vietnam yang rendah. Es Krim di Bach Dang Ice Cream ini, teksturnya mirip dengan Ragusa. Tapi lebih lembut. Dan seperti kebanyakan es krim home made, biasanya mudah lumer. Harganya kisaran : VND 35.000 - 65.000 per porsi. Kalau dirupiahkan sekitar IDR 17500 - 32500 per porsi. Murah kan? Dengan porsi seperti ini? yang unik, kalau kita beli es krim di Ragusa, dikasih segelas air putih, gratis. Di Bach Dang Ice Cream dikasih gratis teh. Bisa minta es teh atau teh hangat. Di Bach Dang Ice Cream ini, mereka juga menjual Kopi Vietnam. Asli pahit, dan biarpun udah dicampur susu kental manis dan es, pahitnya ampun - ampun. Abis minum kopinya, saya langsung berdebar - debar. Padahal kopinya cuma sedikit. Di Jakarta, baru satu cafe yang menjual kopi Vietnam, walau kurang pahit seperti aslinya, yaitu di Central Park, Dante Coffee. Kalau penasaran, boleh coba dulu di Dante Coffee, baru coba yang aslinya di Vietnam, Dan bandingkan rasanya.

Kopi Vietnam


Banana Split

Caramel Mocha Ice Cream




Special Mix


Nah, jadi yang mana pilihan anda kalau mau makan Es krim?

No comments:

Post a Comment